Tutorial ini membahas tentang empat shape tools: Rectangle (Segi), Ellipse (Bulatan), Star (Bintang), dan Spiral. Kami akan mendemonstrasikan kemampuan Inkscape dalam membentuk dan memberikan contoh bagaimana dan kapan mereka dapat digunakan.

Gunakan Ctrl+Panah, roda tetikus, atau seret dengan tombol tengah untuk menggulung halaman ke bawah. Untuk dasar menghasilkan obyek, seleksi, dan transformasi, bacalah tutorial Dasar di Help > Tutorials.

Inkscape memiliki 4 shape tools (peralatan membentuk), setiap tool (alat) mampu menciptakan dan mengedit shape (bentuk) tipenya sendiri. Shpae adalah sebuah objek yang bisa anda modifikasi dengan cara yang unik sesuai tipenya, menggunakan handles yang bisa diseret dan parameter yang menentukan tampilan dari shape tersebut.

Sebagai contoh, pada tipe star (bintang), anda bisa mengatur jumlah jari, panjangnya, sudut, kebulatan, dan lain-lain. - tetapi sebuah bintang tetaplah sebuah bintang. Sebuah shape “tidak sebebas“ path sederhana, tapi sering lebih menarik dan berguna. Anda bisa selalu mengkonversi shape menjadi path (Ctrl+Shift+C), tetapi konversi sebaliknya tidak dimungkinkan.

Shape tool yaitu Rectangle, Ellipse, Star, and Spiral. Pertama, mari lihat bagaimana shape tool bekerja; setelah itu kita akan menjelajahi masing-masing tipe shape lebih detail.

Tips umum

Sebuah shape baru diciptakan dengan menyeret toolnya diatas kanvas. Setelah shape tercipta (dan selama itu masih dipilih), ia akan menampilkan handlenya dalam tanda bentuk-berlian putih, jadi anda bisa langsung mengeditnya dengan menyeret handlenya.

Semua jenis shape menampilkan handlenya dalam semua (empat) shape tool dan juga Node tool (F2). Saat anda meletakkan kursor tetikus anda diatas sebuah handla, ia memberitahu anda lewat status bar apa yang handle ini akan lakukan jika diseret atau diklik dengan modifier yang berbeda.

Juga, setiap shape tool menampilkan parameternya dalam Tool Controls bar (yang berjalan horizontal diatas kanvas). Biasanya ia memiliki beberapa numeric entry fields (kotak masukan numerik - tempat anda bisa memasukkan angka) dan tombol untuk mereset nilai bawaannya. Saat sebuah shape dari tipe tool yang saat itu digunakan dipilih, mengedit nilai dalam Controls bar akan merubah shape yang dipilih.

Setiap perubahan pada Tool Control akan diingat dan digunakan untuk objek berikutnya yang anda gambar dengan tool tersebut. Sebagai contoh, setelah anda merubah jumlah jari dari sebuah star (bintang), bintang yang baru akan memiliki jumlah jari yang sama jika digambar. Lebih lanjut, bahkan dengan hanya memilih sebuah shape yang sudah diubah sebelumnya akan mengirimkan parameternya ke Tools Control bar dan kemudian mengatur nilai dari shape baru tipe tersebut yang akan dibuat nantinya.

Saat menggunakan sebuah shape tool, memilih sebuah obyek bisa dilakukan dengan klik pada obyek tersebut. Ctrl+klik (seleksi grup) dan Alt+klik (seleksi dibawah) juga bekerja selayaknya pada Selector tool. Esc untuk melepas.

Persegi

Sebuah rectangle (persegi) adalah yang paling sederhana tapi mungkin shape yang paling umum dalam desain dan ilustrasi. Inkscape bertujuan membuat proses menciptakan dan mengedit persegi semudah dan sesimpel mungkin.

Beralihlah ke Rectangle tool dengan F4 atau dengan klik pada tombol toolbarnya. Gambarlah sebuah persegi pada bagian yang biru:

An example image

Kemudian, tanpa meninggalkan Rectangle tool, berpildahlah dari persegi yang satu ke yang lain dengan klik.

Shortcut menggambar persegi:

Seperti yang anda lihat, persegi yang terpilih (persegi yang baru digambar selalu terpilih) menampilkan tiga handle di tiga sudutnya. Sebenarnya ada empat handle, tapi dua dari mereka (di sebelah kanan atas) bertumpuk jika sudut persegi tidak dibulatkan/dilengkungkan. Dua buah ini adalah rounding handles; dua yang lain (kiri atas dan kanan bawah) adalah resize handles.

Mari perhatikan rounding handle. Klik dan tahan salah satu dari mereka dan seret kebawah. Empat sudut persegi tersebut sekarang membulat/melengkung, tidak tajam lagi, dan kini anda bisa melihat rounding handle kedua — tetap di posisi pertamanya di sudut. Jika anda ingin sudut yang membulat, ini saja yang anda perlu anda lakukan. Jika anda ingin sudut yang melengkung lebih jauh mengikuti satu sisi, anda bisa memindahkan handle yang satunya lagi ke kearah kiri.

Berikuti ini, dua persegi pertama memiliki border lengkung sirkular, sedangkan dua sisanya elips.

An example image

Masih di Rectangle tool, klik persegi-persegi ini, dan amati rounding handle mereka.

Sering, radius dan bantuk dari sudut yang membulat haruslah konstan dengan seluruh komposisi, walau ukuran dari persegi berbeda (bayangkan diagram dengan kotak berborder lengkung dalam macam-macam ukuran). Inkscape membuat ini mudah. Berpindahlah ke Selector tool; didalam Tool Controls barnya, terdapat sebuah grup dengan empat tombol, kedua dari kiri menampilkan dua border lengkung konsentrik. Disini anda bisa mengontrol apakah sudut tersebut ikut berubah ukurannya saat sebuah persegi diubah ukurannya atau tidak.

Sebagai contoh, disini persegi warna merah diduplikat dan diubah ukurannya beberapa kali, beberapa tingkatan keatas dan kebawah, dengan proporsi yang berbeda. dengan tombol “Scale rounded corners” dalam keadaan off (mati):

An example image

Perhatikan bagaimana ukuran dan bentuk sudut border lengkung mereka sama, sehingga bulatan/lengkungan rata di pojok kanan atas dimana mereka semua bertemu. Semua persegi yang biru diambil dari persegi merah dan diskala ulang melalui Selector, tanpa mengatur manual rounding handlesnya.

Sebagai perbandingan, inilah komposisi yang sama tetapi dibuat dengan kondisi tombol “Scale rounded corners” on (hidup):

An example image

Dapat dilihat border lengkung mereka sekarang berbeda dengan persegi asalnya, dan tidak ada persamaan sedikitpun di sudut kanan atas (zum untuk melihat). Hasil yang sama bisa anda dapatkan dengan mengkonversi persegi asli menjadi path (Ctrl+Shift+C) dan menskala ulang persegi tersebut sebagai path.

Berikut adalah shortcut untuk border lengkung sebuah persegi:

Anda mungkin telah menyadari bahwa Control bar Rectangle tool menampilkan rounding radii horisontal (Rx) dan vertikal (Ry) dari persegi yang dipilih dan anda bisa menatanya menggunakan unit panjang apapun. Tombol Not rounded menghapus border lengkung dari persegi yang dipilih.

Keunggulan dari kontrol tersebut adalah bisa merubah banyak persegi sekaligus. Contohnya, jika anda ingin mengubah semua persegi dalam layer, gunakan saja Ctrl+A (Select All) dan aturlah parameternya di Controls bar. Jika ada obyek non-persegi yang dipilih, mereka tidak dianggap - hanya persegi yang akan berubah.

Sekarang, perhatikan handle pengubah ukuran dari persegi. Anda mungkin bertanya, untuk apa mereka, jika kita bisa mengubah ukuran dari Selector?

Masalahnya, dengan Selector, patokan horisontal dan vertikalnya adalah halaman dokumen. Berbeda dengan handle pengubah ukuran. Patokannya adalah sisi-sisi dari persegi tersebut, bahkan jika perseginya diputar atau bengkok. Sebagai contoh, cobalah mengubah ukuran persegi ini, pertama dengan Selector, kemudian dengan handle pengubah ukurannya di Rectangle tool:

An example image

Karena handle tersebut ada dua, anda bisa mengubah ukuran persegi tersebut kearah manapun searah sisinya. Handle pengubah ukuran selalu menyesuaikan dengan rounding radii.

Berikut adalah shortcut untuk handle pengubah ukuran:

Berikut adalah persegi yang sama, dengan garis putus-putus abu-abu yang menunjukkan arah lengket handle pengubah ukuran saat diseret dengan Ctrl (Cobalah):

An example image

Dengan membengkokkan dan memutar sebuah persegi, kemudian menduplikasi dan mengubah ukurannya dengan handle pengubah ukuran, komposisi 3D dapat dihasilkan dengan mudah.

An example image

Berikut adalah beberapa contoh komposisi persegi, termasuk pelengkungan dan gradient fill (isi gradiasi)

An example image

Elips

Ellipse (elips) tool (F5) dapat menghasilkan elips dan lingkaran, yang bisa anda ubah menjadi segmen atau arc. Shortcut gambarnya sama dengan rectangle tool.

Mari menjelajahi handle dari sebuah elips. Pilih yang ini:

An example image

Sekali lagi, anda bisa melihat tiga handle, tapi sebenarnya ada empat. Handle paling kanan bertumpukan dengan handle untuk “membuka” elips. Seret handle paling kanan tersebut, kemudian seret handle yang tampak dibawahnya, untuk mendapatkan variasi segmen pie-chart atau arc.

An example image

Untuk mendapatkan sebuah

An example image

Perhatikan grup serupa-kipas dari segmen panjang disebelah kiri. Itu dibuat dengan angle snapping dari handle dengan Ctrl. Berikut adalah shortcut dari handle arc/segmen:

Snap angle (sudut jepit/pelengketan) bisa dirubah melalui Inkscape Preferences (tab Steps).

Dua handle yang lain dari elips digunakan untuk mengubah ukurannya dari tengah. Shortcutnya mirip dengan border lengkung dari persegi:

Dan, sama seperti handle pengubah ukuran persegi, handle elips ini menyesuaikan tinggi dan lebar elisp dalam koordinat milik elips sendiri. Ini berarti elips yang diputar atau dibengkokkan bisa dengan mudah ditarik atau diremas dalam aksis bawaannya walau sudah diputar atau bengkok. Cobalah menubah ukuran elips yang mana saja dengan handle pengubah ukurannya:

An example image

Bintang

Stars (bintang) adalah shape Inkscape yang paling kompleks dan menarik. Jika anda ingin membuat teman anda berkata Wow! dengan Inkscape, suruh mereka bermain dengan Star tool. Sangat menghibur - membuat ketagihan!

Star tool mampu menghasilkan dua obyek serupa tapi tak sama: bintang dan poligon. Sebuah bintang memiliki dua handle yang posisinya menentukan panjang dan bentuk jarinya; sebuah poligon hanya memiliki satu handle yang sederhananya memutar dengan merubah ukuran poligon saat diseret.

An example image

Pada Controls bar dari Star tool, yang pertama adalah checkbox untuk mengubah bintang menjadi poligon dan sebaliknya. Berikutnya, sebuah numeric field (daerah masukan) untuk mengatur jumlah sudut sebuah bintang atau poligon. Parameter ini hanya bisa diedit melalui Controls bar. Jumlah yang diizinkan dari 3 (tentu saja) sampai 1024, tetapi sebaiknya anda tidak mencoba angka yang besar (misalnya diatas 200) jika komputer anda lambat.

Saat menyeret sebuah bintang atau poligon baru,

Naturalnya, sebuah bintang adalah shape yang lebih menarik (walau poligon pada praktiknya lebih sering digunakan). Dua handlenya memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Handle pertama (yang ada pada vertexnya, alias pada ujung lancip jari-jari dari bintang) mengatur apakah pendaran bintangnya lebih panjang atau lebih pendek, tetapi jika anda memutarnya (secara relatif terhadap titik tengah), handle yang lain akan mengikuti. Ini berarti anda tidak bisa membengkokkan pendar sebuah bintang dengan handle ini.

Handle yang satunya terdapat di pangkal jari-jarinya, bebas dipindahkan baik secara radial maupun tangential, tanpa mempengaruhi handle vertexnya. (bahkan, handle ini bisa menjadi vertex jika dipindahkan lebih jauh dari titik tengah daripada handle satunya.) Inilah handle yang bisa membengkokkan jari-jari bintang untuk menghasilkan bentuk seperti kristal, mandala, bunga salju, dan procupine:

An example image

Jika anda hanya butuh sebuah bintang biasa, anda bisa membuat handle pembengkoknya bekerja sebagai handle biasa.

Controls bar juga memiliki Spoke ratio field yang mendefinisikan rasio dari jarak antar dua handle tersebut dari titik tengah.

Bintang Inkscape masih memiliki dua trik lagi. Dalam geometri, sebuah poligon adalah sebuah bentuk dengan pinggir lurus dan sudut tajam. Dalam dunia nyata, kelengkungan beberapa derajat biasanya ada — dan Inkscape juga dapat melakukannya. Melengkungkan sebuah bintang atau poligon sedikit berbeda dengan melengkungkan persegi. Anda tidak menggunakan handle khusus untuk ini, tapi

“Tangential“ berarti arah mendekati atau menjauhi titik tengah. Jika anda “memutar“ sebuah handle dengan Shift berlawanan arah jarum jam, anda mendapatkan kelengkungan positif; jika searah jarum jam, anda mendapatkan kelengkungan negatif. (lihat kebawah untuk contoh kelengkungan negatif.)

Ini adalah perbandingan dari sebuah bujur sangkar lengkung (Rectangle tool) dengan poligon 4-sisi lengkung (Star tool):

An example image

Seperti yang bisa anda lihat, jika persegi lengkung memiliki garis segmen lurus pada sisinya dan lengkungan pada sudutnya, sebuah poligon atau bintang lengkung tidak memiliki garis lurus sama sekali; semuanya melengkung halus dari maksimumnya (disudut) sampai minimumnya (ditengah diantara sudut). Inkscape melakukan ini hanya dengan menambahkan Bezier kolinear tangential untuk setiap node dari shape tersebut (anda bisa melihatnya jika anda merubahnya menjadi path dan memeriksanya dengan Node tool).

Parameter Rounded yang bisa anda atur di Controls bar adalah rasio dari panjang tangent sampai panjang sisi poligon/bintang sampai yang mana mereka berdekatan. Parameter ini bisa negatif, yang akan membalik arah tangent. Nilai sekitar 0.2 sampai 0.4 memberikan rounding “normal” yang anda bisa duga; nilai lain biasanya menghasilkan pola yang indah, kompleks, dan tidak terduga. Sebuah bintang dengan nilai kelengkungan yang besar bisa memiliki jari yang jauh meninggalkan handlenya. Berikut beberapa contoh, masing-masing dengan nilai kelengungannya:

An example image

Jika anda ingin jari dari sebuah bintang menjadi tajam tetapi lengkungannya halus atau sebaliknya, ada cara mudah dengan membuat offset (Ctrl+J) dari bintang tersebut:

An example image

Shift+seret hanlde bintang pada Inkscape adalah salah satu cara yang baik, tetapi bisa lebih baik lagi.

Untuk membuat imitasi yang mendekati bentuk-bentuk di dunia nyata, Inkscape bisa mengacak (secara acak mendistorsi) bintang dan poligonnya. Sedikit pengacakan akan membuat sebuah bintang lebih normal, lebih manusiawi, terkadang lucu; acakan yang kuat adalah cara yang menyenangkan untuk mendapatkan variasi bentuk yang gila dan tak terduga. Sebuah bintang yang lengkung tetap melengkung halus saat diacak. Berikut shortcutnya:

Saat anda menggambar atau menyeret-sambil-mengedit handle bintang yang teracak, ia akan ”bergetar” karena setiap posisi unik dari handlenya berkorespondensi dengan pengacakan uniknya. Jadi, memindahkan sebuah handle tanpa Alt akan mengacak ulang bentuk tersebut dalam tingkat pengacakan yang sama, sedangkan Alt-dan-seret akan membuatnya tetap pada pengacakan yang sama tetapi mengatur tingkatnya. Berikut adalah bintang yang parameternya sama, tetapi masing-masing diacak dengan sedikit memindahkan handlenya (dengan tingkat pengacakan sekitar 0.1):

An example image

Dan berikut adalah bintang yang ditengah dari baris sebelumnya, dengan tingkat pengacakan dari -0.2 sampai 0.2:

An example image

Alt+seret handle dari bintang tengah dalam baris ini dan amati perubahannya menjadi tetangganya di sebelah kanan dan kiri — dan seterusnya.

Anda mungkin akan menemukan aplikasi tersendiri untuk bintang yang diacak, tetapi saya cenderung menggunakannya untuk tompel melengkung mirip-amuba dan planet besar yang kasar dengan permukaan yang fantastis:

An example image

Spiral

Spiralnya Inkscape adalah shape yang cukup kaya bentuk, dan walaupun tidak seterkenal Star (bintang), kadang amat berguna. Sebuah spiral, seperti bintang, digambar dari tengah; baik saat menggambar maupun saat mengedit,

Setelah digambar, sebuah spiral memiliki dua handle diujung luar dan dalamnya. Masing-masing handle, saat diseret, akan menggulung spiral tersebut (alias meneruskannya, merubah banyak putaran). Shortcut lain:

Handle ujung luar:

Handle ujung dalam:

pemisahan dari sebuah spiral adalah ukuran nonlinear dari pusarannya. Saat sama dengan 1, spiralnya satu bentuk; saat kurang dari 1(Alt+seret) keatas), spiral akan lebih berat ke bagian luar. Saat lebih dari satu (Alt+seret kebawah), spiral akan lebih berat ke bagian tengah (dalam):

An example image

Putaran maksimal sebuah spiral adalah 1024

Sama seperti Ellipse tool bagus tidak hanya untuk elips tapi juga untuk arcs (garis dari kurva yang konstan), Spiral tool juga berguna untuk membuat garis yang kurvanya halus. Dibandingkan dengan kurva Bezier, sebuah arc atau spiral kadang lebih ringkas digunakan karena anda bisa membuatnya lebih pendek atau lebih panjang dengan menyeret handlenya sepanjang kurva tanpa mengganggu bentuknya. Juga, saat spiral digambar normal tanpa warna isi, anda bisa menambahkan isi dan menghapus garis pinggirnya untuk efek yang menarik.

An example image

Yang paling menarik adalah spiral dengan garis berbintik — mereka memadukan kehalusan dari bentuknya dengan tanda putus-putus (titik atau garis) untuk efek yang indah:

An example image

Akhir

Shape tool Inkscape sangatlah bagus. Pelajari triknya dan bermainlah dengan mereka disaat santai — ini akan berguna saat anda melakukan pekerjaan desain anda, karena menggunakan shape ketimbang menggunakan path sederhana kadang membuat karya seni vektor lebih cepat dan mudah untuk dimodifikasi. Jika anda memiliki ide lebih jauh untuk kemajuan shape, silahkan hubungi pengembang.