Tutorial ini akan mendemonstrasikan elemen dan prinsip desain yang biasanya diajarkan pada murid seni untuk memahami bermacam properti yang digunakan dalam membuat karya seni. Ini bukanlah daftar yang baku, jadi silahkan tambah, keluarkan, atau mengkombinasikannya untuk membuat tutorial ini lebih komperhensif.

An example image

Elemen dari Desain

Elemen-elemen berikut adalah yang membangun sebuah desain.

Garis

Sebuah garis didefinisikan sebagai tanda dengan panjang dan arah, dihasilkan dengan poin yang bergerak pada sebuah bidang. Sebuah garis bisa bervariasi panjangnya, lebarnya, arahnya, kurvaturnya, dan warnanya. Garis bisa dalam dua dimensi (misalnya garis pensil pada kertas), atau tiga dimensi.

An example image

Bentuk

Sebuah figur datar, sebuah bentuk, dihasilkan saat sebuah garis mengelilingi sebuah ruang. Perubahan warna atau bayangan bisa mendefinisikan sebuah bentuk. Bentuk bisa dibagi dalam beberapa tipe: geometrik (persegi, segi tiga, lingkaran) dan organik (iregular pada garis luarnya).

An example image

Ukuran

Ini menunjuk pada variasi dalam proporsi obyek, garis, atau bentuk. Terdapat ragam ukuran dalam obyek baik yang nyata maupun khayalan.

An example image

Ruang

Ruang adalah daerah kosong atau terbuka diantara, disekitar, diatas, dibawah, atau didalam obyek. Sebuah bentuk dibentuk oleh ruang disekitar dan didalamnya. Ruang sering disebut tiga-dimensi atau dua-dimensi. Ruang positif diisi oleh sebuah bentuk, sedangkan ruang negatif dikelilingi oleh bentuk.

An example image

Warna

Warna adalah karakter yang tampak dari sebuah permukaan tergantung dari panjang gelombang cahaya yang dipantulkan darinya. Warna memiliki tiga dimensi: HUE (nama lain dari warna, diindikasi dari namanya misalnya merah atau kuning), VALUE (terang atau gelap), INTENSITY (pendar atau kelam).

An example image

Tekstur

Tekstur adalah bagaimana rasa permukaannya (tekstur sebenarnya) atau bagaimana rasa itu terlihat (tekstur implikasi). Tekstur dijelaskan dengan kata seperti kasar, lembut, atau gelombang.

An example image

Value

Value adalah seberapa gelap atau seberapa terang sesuatu terlihat. Kita bisa mendapatkan value dari sebuah warna dengan menambahkan hitam atau putih pada warna. Chiaroscuro menggunakan value dalam sebuah gambar dengan memberikan kontras gelap atau terang yang dramatis dalam komposisi.

An example image

Prinsip dari Desain

Prinsip penggunaan elemen desain untuk menghasilkan komposisi.

Keseimbangan

Keseimbangan adalah rasa dari melihat sesuatu seimbang dalam bentuk, formasi, value, warna, dsbg. Keseimbangan bisa simetrikal atau pas atau asimetrikal dan ganjil. Obyek, value, warna, tekstur, bentuk, formasi, dsbg., bisa digunakan untuk mendapatkan keseimbangan dalam komposisi.

An example image

Kontras

Kontras adalah penempatan dari dua elemen yang berlawanan.

An example image

Empasis

Empasis digunakan untuk membuat beberapa bagian dari karya seni terlihat mencolok dan menarik perhatian. Pusat perhatian atau focal point adalah tempat dimana sesuatu yang menarik perhatian pertama.

An example image

Proporsi

Proporsi menjelaskan ukuran, lokasi, atau ukuran dari sesuatu dibandingkan dengan yang lain.

An example image

Pola

Pola dihasilkan dengan mengulang elemen yang sama (garis, bentuk atau warna) terus menerus.

An example image

Gradiasi

Gradiasi dari ukuran dan arah menghasilkan perspektif linear. Gradiasi dari warna dari warna hangat ke sejuk dan tone dari gelap ke terang menghasilkan perspektif aerial. Gradiasi menambahkan ketertarikan dan pergerakan sebuah bentuk. Sebuah gradiasi dari terang ke gelap akan membuat mata mengikuti sebuah bentuk.

An example image

Komposisi

Kombinasi dari elemen-elemen untuk menghasilkan sesuatu.

An example image

Daftar Pustaka

Berikut adalah Daftar Pustaka yang digunakan untuk membuat dokumen ini.

Terimakasih sebesar-besarnya pada Linda Kim (http://www.redlucite.org) karna membantu saya (http://www.rejon.org/) dalam tutorial ini. Juga, terimakasih kepada Open Clip Art Library (http://www.openclipart.org/) dan insan-insan grafi yang ikut andil dalam proyek tersebut.